cover
Contact Name
Venny Karolina
Contact Email
jurnalkpk@untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalkpk@untan.ac.id
Editorial Address
UP4I FKIP Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
Core Subject : Education, Social,
Journal of Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (JKPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JKPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of education, school principals, school supervisors, and students of Bachelor/Postgraduate/Doctoral programs to publish their research reports or literature review articles. JKPK receive all manuscripts related to original empirical research, theoretical or methodological contributions, literature reviews, and meta analyses on the topics related to teaching and learning in various field such as: 1. Teaching and Learning Mathematics 2. Teaching and Learning Science 3. Teaching and Learning Social Science 4. Teaching and Learning Language and Literature 5. Teaching and Learning Art and Music 6. Teachers and pre-service teachers’ knowledge 7. Theory and Practice in learning 8. Classroom management 9. Education policy
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): April 2018" : 11 Documents clear
IMPLEMENTASI SUPERVISI KETATALAKSANAAN GURU KELAS UNTUK MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SDN 11 ALUR BANDUNG Yamani, RD. Akhmad
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38079

Abstract

Untuk melaksanakan supervisi  ketatalaksanaan guru kelas secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal. Oleh karena  itu, setiap Kepala Sekolah harus memiliki dan menguasai implementasi supervisi  yang meliputi: pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, dan dimensi-dimensi substansi supervisi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah melalui peningkatan kinerja guru dalam proses belajar mengajar yang dilakukan melalui pembinaan supervisi  kepala sekolah. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi Supervisi ketalaksanaan guru kelas dalam peningkatan kinerja guru dalam membenahi administrasi kelas di SDN 11 Alur Bandung  melalui supervisi yang dilaksanakan kepala sekolah. Hasil analisis dan kajian ini menunjukkan bahwa implemtasi supervisi ketatalaksanaan guru kelas yang dilaksanakan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru. Secara praktis diharapkan dapat dijadikan bahan rujukan bagi pengelola sekolah dalam rangka meningkatkan mutu sekolah melalui  implementasi supervisi  dan  tanggapan guru adalah sangat positif terhadap pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi ketatalaksanaan guru kelas.Kata kunci: Implementasi, Supervisi Ketatalaksanaan, Sumber Daya Manusia 
MENGGUNAKAN METODE AUDIO LINGUAL DENGAN TEHNIK RUNNING DICTATION UNTUK MEMPERBAIKI KEMAMPUAN MENDENGARKAN NARRATIVE TEXT Dilla, Norra
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38073

Abstract

AbstrakPenelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah metode Audio Lingual dengan  tehnik Running Dictation  bisa memperbaiki Listening Skill pada siswa kelas IX SMP.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan  Kelas (PTK). Langkah-langkah pembelajaran pada Running Dictation adalah siswa bekerja secara berpasangan. Partner A sebagai pelari, partner B sebagai penulis. Partner A pergi menuju teks, membaca, dan kembali untuk mendiktekannya kepada partner B, yang menuliskannya. Dalam proses mendikte, akan membutuhkan lebih dari satu kali lari, dan beberapa proses diksusi untuk mengecek tanda baca, ejaan, makna kalimat dan sebagainya. Hasilnya, tehnik ini dapat meningkatkan Listening Skill siswa kelas IX SMP  pada semester 2 tahun pelajaran 2017-2018.  Hal tersebut dapat dibuktikan melalui evaluasi/ test tulis dengan rata-rata nilai siswa pada siklus pertama 63% meningkat pada siklus ke 2 menjadi 75%. Aktifitas belajar siswa juga meningkat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan prosentase keaktifan siswa pada siklus pertama sebesar 75% meningkat pada siklus kedua menjadi 89,2%. Keywords : Listening skill, Audio lingual method, Running Dictation.
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET DAN VISUAL PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 PEMANGKAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Syahrial, Syahrial
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38080

Abstract

AbstractThis study aims to improve the activity and learning outcomes of students' mathematics using concrete and visual media. The subjects of this study were students of class VII E SMP Negeri 2 Pemangkat Sambas regency. Instruments used in the form of observation sheets to observe student activities during the learning and test the learning outcomes. In this study, observations were made of concrete-looking activities, including: visual activities, oral activities, motor activities, and mental activities. This category of research is Classroom Action Research (PTK) conducted in 2 cycles, in which each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The result of the research shows that the increase of student activity from cycle I to cycle II is good visual activity from 68,75% in cycle I to 81,25% in cycle II, oral activity from 66,67% in cycle I to 70,83% at cycle II, motor activity from 68,75% in cycle I to 81,25% in cycle II, mental activity from 62,5% in cycle I to 66,67% in cycle II. With the average percentage of activity (PK) of 66.25% in the first cycle increased to 73.75% in cycle II. Thus, the students’ activities reach the indicator of the success of the research because it has reached ≥ 70%. The average of the first cycle test results of 63.16 increased to 67.54 in cycle II. While the percentage of students who reached KKM value 72 in cycle I and second cycle increased by 34.37% in cycle I 56.25% in cycle II, increased by 21.88%. The conclusion of this study is using concrete and visual media can increase activities and learning outcome of mathematics student of class VII E SMP Negeri 2 Pemangkat Sambas regency.. Keywords: Student Activities and Learning outcome, concrete and visual media
PEMBELAJARAN MATERI LUAS PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN MOTODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Mistinur, Mistinur
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38074

Abstract

Abstrak: Matematika itu sulit. Pernyataan ini sering kita dengar dari siswa yang kurang minatnya dalam pelajaran matematika. Matematika memang mata pelajaran yang memerlukan kemampuan logis lebih tinggi daripada mata pelajaran yang lain. Namun kenyataan diatas akan terminimalisasi jika proses pembelajaran yang dilakukan guru dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendiskripsikan metode penemuan terbimbing dalam scenario pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut diperlihatkan beberapa hal yaitu (1) Bagaimana caranya memunculkan rasa keingintahuan siswa pada materi yang akan dipelajari. (2)Baimana cara mengembangkan pertanyaan agar siswa tidak merasa dipojokkan oleh pertanyaan guru. (3) Bagaimana cara memberi penguatan terhadap respon positif yang diberikan siswa. (4) Bagaimana cara menghafal rumus yang sudah diperoleh. Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Materi Luas Persegi Panjang, Kegiatan Pembelajaran. 
PENGGUNAAN METODE DISKUSI PADA MATERI MATERI PECAHAN DI KELAS IV SDN 18 KAWAKAN Islahiyah, Islahiyah
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38081

Abstract

AbstrakKajian ini dilatarbelakangi kondisi siswa yang tidak konsentrasi dan kurang aktif dalam belajar, siswa tidak berani menjawab maupun bertanya meskipun mereka kurang paham tentang materi pelajaran (kurang percaya diri), dan pembelajaran yang dilakukan guru dirasakan siswa kurang menyenangkan. Kajian dilakukan untuk memperoleh informasi dan menganalisis tentang proses kegiatan setiap siklus dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan menggunakan metode diskusi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Kawakan. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif berupa penelitian tindakan kelas. Hasil yang diperoleh pembelajaran pada materi pecahan menggunakan metode diskusi memiliki dapat meningkatkan prestasi belajar siswa  yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar  setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar  50%  dan  pada siklus II meningkat menjadi 83,3%. Dan  skor rata-rata nilai prestasi siswa pada siklus I yaitu 60,83, sedangkan skor rata-rata nilai prestasi siklus II meningkat menjadi 82,5. Pembelajaran menggunakan metode diskusi  dapat meningkatkan kinerja guru melaksanakan pembelajaran. Pada siklus I kemampuan guru melaksanakan pembelajaran mencapai rata-rata skor 2,8, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,6.Kata Kunci:  Metode Diskusi, Hasil Belajar, Materi Pecahan
PEMBELAJARAN MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS MENGGUNAKAN METODE OBSERVASI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Zulhila, Zulhila
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38076

Abstract

Abstrak: Tulisan ini dilatarbelakangi oleh beberapa kondisi awal kelas VI di SDN 03 Sempalai, yaitu: (1) Hasil ulangan siswa masih banyak di bawah KKM; (2) Kurang fokus dalam mengikuti proses belajar mengajar; (3) Kurang semangat dalam melaksanakan aktivitas di kelas; dan (4) Tidak memahami pelajaran yang di sampaikan. Dari paparan tersebut dicari solusi agar proses belajar mengajar sebaiknya menggunakan metode yang tepat yaitu metode observasi.   Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi siswa kelas VI SDN 03 Sempalai dalam menggunakan metode, bentuk RPP harus sesuai dengan karakteristik siswa, supaya mudah untuk menerapkannya dalam pembelajaran, untuk menjelaskan skenario dalam pembelajaran tentang konduktor dan isolator panas menggunakan metode observasi.   Kondisi belajar siswa kelas VI SDN 03 Sempalai tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran IPA tentang konduktor dan isolator panas, sangat perlu untuk mengubah metode yang tepat; bentuk RPP harus sesuai dengan karakteristik siswa, supaya mudah untuk menerapkannya dalam pembelajaran, dan skenario pembelajaran menggunakan metode observasi, dimungkinkan mampu   membuat siswa mudah memahami dan sulit dilupakannya, karena siswa melakukan, mengamati, dan berpikir secara ilmiah sehingga dapat dipertanggungjawabkan.  Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Konduktor dan Isolator            Panas, Metode Observasi 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD Andriani, Lisa
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38082

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam matapelajaran IPA. Setelah dikaji dari beberapa sumber informasi, penyebabnya diantaranya yakni rendahnya motivasi belajar siswa. Perlu suatu upaya untuk meningkat motivasi belajar siswa, yakni dengan model pembelajaran inkuiri secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VI SDN 06 Nyiur Melambai Jawai Selatan. Metode penelitian yang dilakukan yakni deskriptif kualitatif berupa Penelitian Tindakan Kelas. Proses kegiatan pembelajaran pada setiap siklus mengalami peningkatan dengan metode inkuiri secara berkelompok siswa dikelas VI A SDN 6 Nyiur Melambai  lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPA. Terdapat peningkatan motivasi instrinsik dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri  di Kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 6 Nyiur Melambai dari baseline 18% ke siklus II 80% sebesar  62%  dengan demikian kenaikan motivasi instrinsik termasuk kategori tinggi. Terdapat peningkatan motivasi ekstrinsik dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri   di Kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 6  Nyiur Melambai dari baseline 28% ke siklus II  73% sebesar  45%  dengan demikian kenaikan motivasi instrinsik termasuk cukup tinggi. Kata Kunci:  Model Pembelajaran Inkuiri Berkelompok, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RPP MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) DI SDN 18 BENUA KAYONG Andriani, Lusi
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38077

Abstract

 Abstarct: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru menyusun RPP melalui IHT di SDN 18 Benua Kayong dengan metode penelitian kualitatif dan objek penelitian 9 guru di SDN 18 benua Kayong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan instrument monev. Jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Peningkatan kompetensi guru menyusun RPP 88,00%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru menyusun RPP melalui IHT di SDN 18 Benua Kayong.Keywords: PTS, RPP dan IHTAbstarct: This study aims to determine the improvement of teacher competence to prepare RPP through IHT in SDN 18 Benua Kayong with qualitative research method and object of research 9 teachers in SDN 18 continent Kayong. Data collection techniques in this study are measurement techniques and data collection tools used are tests and monev instruments. The type of test used is a multiple-choice test. Improvement of teacher competence to prepare RPP 88.00%. So it can be concluded that there is an increase in teacher competence to prepare RPP through IHT in SDN 18 Benua Kayong.Keywords: PTS, RPP and IHT 
PROSES PENGIMBUHAN DALAM BAHASA BIDAYUH-SOMU: MORFEM NOMINAL Bunau, E
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38070

Abstract

AbstractThis research is aimed to identify and describe morphemes and allomorphs applied in nominal affixation process of Bidayuh-Somu Language. The research is field linguistics implementing recording technique to collect the data. Utterances containing nominal morphemes and allomorphs were collected from the language speaker informants and sorted accordingly to word class. The research found that the nominal morphemes of the language is both class-maintaining and class-changing. To form word, the nominal morpheme is affixed to nouns, verbs, and numbers. The nominal morpheme of Bidayuh-Somu Language comprises prefix, infix, and circumfix.     Key words: affixation process, morpheme, allomorph, class-maintainng and             class-changing.
AKTIVITAS BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DI KELAS VI SEKOLAH DASAR Juniarni, Epi
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v2i1.38078

Abstract

AbstrakAktivitas siswa merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara spontan baik jasmani maupun rohani dalam kegiatan pembelajaran guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran IPA. Aktivitas belajar sangat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kondisi real di SDN 09 Kenanai hasil pembelajaran IPA dan aktivitas belajar siswa kelas VI tergolong rendah disebabkan beberapa hal. Pertama, siswa kurang terlibat dalam pembelajaran. Kedua, guru mengajar terasa menjenuhkan. Ketiga media dan metode yang digunakan guru kurang menarik. Menyimak dari tiga menyebab tersebut, perlu adanya satu inovasi dalam pembelajaran. Salah satu yang dapat ditawarkan yakni dengan menggunakan Model Pembelajaran Take and Give. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA  dengan model pembelajaran Take and Give. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan sifat penelitian kualitatif, artinya berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian. Peneliti memilih rancangan penelitian tindakan kelas yang terbagi kedalam dua siklus. Tiap siklus terdiri empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 9 Kenanai. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, pendistribusian data, reduksi data, menganalisis data dan verifikasi/menarik kesimpulan.kesimpulan yang diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Take and Give, Aktivitas  Belajar Siswa dan    Pembelajaran IPA

Page 1 of 2 | Total Record : 11